Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Cara Mendapatkan Modal Untuk Usaha Anda

Cara Mendapatkan Modal Usaha - Modal merupakan hal yang sangat penting di dalam menjalankan sebuah bisnis. Makanya sebuah bisnis harus bisa mengelola keuangan dengan baik agar tidak kehabisan modal dan modal bisa berfungsi secara maksimal. Meskipun banyak jenis bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal, namun tidak sedikit pula bisnis yang mau tidak mau membutuhkan pendanaan khusus. Dari situlah seorang pebisnis berfikir bagaimana cara mendapatkan modal tersebut.

Alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan pendirian usaha dengan baik. Maka mengenai mencari modal ini mungkin tidak perlu Anda alami. Misalkan saja Anda menabung terlebih dahulu sampai benar-benar mampu menjalankan usaha sendiri. Kemudian juga berhemat dan melakukan pengelolaan keuangan dengan benar. Maka kebutuhan mengenai mendapatkan modal ini tidak perlu Anda pusingkan.

Cara Mendapatkan Modal Usaha

cara mendapatkan modal usaha

Buat sobat yang sedang mencari modal untuk usaha, kali ini akan saya jelaskan kepada Anda beberapa cara mendapatkan modal usaha untuk Anda, antara lain : 

1. Modal Usaha Dari Uang Tabungan

Yang pertama adalah mendapatkan modal dari uang tabungan. Ini berlaku bagi sobat yang punya tabungan tentu saja. Makanya jauh-jauh hari yang namanya menabung harus Anda lakukan. Apalagi jika Anda berencana memiliki sebuah bisnis atau usaha tertentu. 

Kalau Anda belum memulai sebuah bisnis atau usaha. Mulailah menabung dari sekarang. Karena modal dengan uang sendiri akan jauh lebih baik ketimbang Anda menggunakan modal pinjaman. Modal dengan uang sendiri akan menghindarkan Anda dari beban bunga dan tidak akan dikejar tanggal angsuran.

Selain itu jika Anda menggunakan modal dari tabungan sendiri. Keuntungan dan kerugian sepenuhnya adalah milik Anda. Tidak akan ada beban keterikatan dari orang lain atau pihak manapun juga.

2. Modal Usaha Meminjam Kepada Perorangan

Modal usaha yang selanjutnya bisa Anda dapatkan dari melakukan pinjaman. Pinjaman sendiri ada banyak jenisnya dan Anda bisa mulai melakukan pinjaman kepada perorangan terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya dengan meminjam kepada teman, saudara atau orang yang Anda pandang punya uang.

Meminjam kepada perorangan memiliki kelebihan dan kekurangan tersediri. Dari segi sosial mungkin memang berat karena harus menanggung malu dan sejenisnya. Namun jika mendapatkan pinjaman dari perorangan akan lebih ringan dalam segi bunga dan pengembalian. Tidak seperti meminjam kepada bank yang membebani dan mengharuskan Anda menyerahkan jaminan.

3. Modal Usaha Dengan Menjual Asset Yang Dimiliki

Kemudian cara mendapatkan modal selanjutnya bisa dengan menjual asset. Jadi Anda bisa menjual salah satu barang dan asset berharga milik Anda. Misalkan saja Anda memiliki simpanan emas, menjual tanah, menjual mobil atau asset berharga lainnya.

Menjual asset milik sendiri jauh lebih baik dari pada meminjam. Karena tidak akan terikat dan terbebanu dari pihak manapun. Namun sebelum Anda menjual asset perlu di pertimbangkan efektifitas nya juga. Karena jangan sampai Anda menjual asset berharga namun hasilnya tidak sebanding atau merugi.

4. Modal Usaha Dari Investor

Modal usaha yang selanjutnya bisa Anda dapatkan dengan cara bekerja sama dengan investor. Anda bisa membuat sebuah proposal dan kemudian Anda bisa mengajukan kerjasama dengan investor tertentu.

Cara mendapatkan modal keempat ini memang gampang-gampang susah. Tergantung apakah Anda bisa menemukan investor yang cocok atau tidak. Dan yang jelas Anda harus bisa menyakinkan investor Anda agar dia mau mendanai bisnis yang sedang Anda jalankan.

5. Modal Usaha Dengan Meminjam Kepada Perbankan

Selanjutnya Anda juga bisa melakukan pinjaman modal kepada Bank. Ini biasanya memerlukan sebuah jaminan yang perlu Anda serahkan. Misalkan saja Anda menjaminkan sertifikat tanah, surat kendaraan mobil dan jaminan berharga lainnya.

Kemudian meminjam kepada Bank atau koperasi memerlukan survey dan pengecekan. Anda juga harus bisa menyakinkan mereka bahwa usaha Anda berprospek bagus. Selain itu Anda juga harus menunjukkan bahwa Anda akan disiplin dalam membayar angsuran pinjaman tersebut.

6. Modal Usaha Dari Pinjaman Online

Modal usaha yang selanjutnya bisa Anda dapatkan dengan meminjam secara online. Ini bisa Anda lakukan dengan cara mengajukan pinjaman pada platform pinjaman online. Ada banyak sekali aplikasi pinjaman online yang sekarang tersedia di internet. Yang seharusnya juga memudahkan Anda untuk mendapatkan modal.

Pilihlah pinjaman online yang bagus jika ingin meminjam modal. Utamakan untuk melakukan pinjaman di perusahaan fintech yang terdaftar di OJK. Kemudian pilihlah pinjaman online yang bunganya lebih rendah dari yang lain. Karena semakin besar bunga akan semakin membebani jalannya usaha yang Anda lakukan.

Oke sobat beberapa hal diatas adalah cara mendapatkan modal usaha yang bisa Anda lakukan. Kalau bisa yang namanya meminjam jangan pernah Anda lakukan. Namun ketika terpaksa meminjam, lakukan dengan bijak agar efektif kegunaannya. Demikian yang dapat kami sampaikan dan terima kasih sudah berkunjung di mazkin.org.

Posting Komentar untuk "6 Cara Mendapatkan Modal Untuk Usaha Anda"