Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Cara Mengelola Keuangan Usaha Agar Tidak Mudah Bangkrut

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengelola Keuangan Usaha - Yang namanya keuangan merupakan hal yang cukup penting. Hal ini berlaku dalam kehidupan pribadi kita maupun pada saat menjalankan sebuah usaha. Karena yang namanya uang akan digunakan untuk pembayaran beragam produk dan keperluan dalam sebuah usaha. Maka dari itu, pengelolaan keuangan yang bagus akan sangat menentukan kesuksesan sebuah usaha.

Manajemen keuangan yang baik harus menjadi dasar utama dalam Anda menjalankan sebuah usaha. Karena dengan itu usaha Anda akan bisa terus berjalan. Selain itu dengan manajemen keuangan yang baik sebuah usaha akan memiliki alokasi yang tepat. Selain itu juga bisa memaksimalkan semua peluang keuntungan yang di dapatkan. Makanya buat sobat yang masih pemula harus banyak belajar mengenai manajemen keuangan.

Cara Mengelola Keuangan Usaha

Cara Mengelola Keuangan Usaha

Kali ini mazkin.org akan menjelaskan beberapa hal penting dalam cara mengelola keuangan usaha yang Anda jalankan, antara lain sebagai berikut :

1. Buatlah Pembukuan Keuangan Usaha

Pembukuan keuangan usaha menjadi sangat penting. Karena dari pembukuan keuangan itulah Anda bisa mengetahui semua pergerakan keuangan dalam usaha yang Anda jalankan. Dengan pembukuan yang rapi Anda akan lebih mudah mengontrol keuangan dalam usaha Anda.

Anda bisa membuat satu buah buku keuangan yang menjelaskan tentang pengeluaran dan pemasukan. Kemudian Anda juga bisa mencatat semua aktifitas keuangan yang terjadi di dalam usaha yang Anda jalankan tersebut. 

Agar lebih mudah Anda juga bisa menggunakan aplikasi-aplikasi keuangan atau akutansi. Dengan aplikasi tersebut akan membantu Anda dalam melakukan kontrol dan pengelolaan keuangan dalam usaha Anda.

2. Lakukan Penghematan Pengeluaran Dalam Usaha

Berhemat merupakan sebuah kunci sukses sebuah pengelolaan keuangan. Semakin hemat pengeluaran Anda maka semakin longgar cadangan keuangan yang ada di dalam usaha yang Anda jalankan. Berusahalah berhemat mulai dari diri pribadi Anda sampai dengan pengeluaran usaha Anda.

Lakukan penargetan pengeluaran dengan benar. Tunda keperluan-keperluan yang tida begitu penting dan utamakan kebutuhan yang benar-benar mendesak saja. Dengan begitu Anda tidak akan sembarangan mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak penting.

Sebenarnya ada banyak orang yang bisa mendapatkan uang dengan mudah. Namun tidak banyak orang yang bisa berhemat. Maka jumlah orang yang bisa sukses dalam hal keuangan tidaklah banyak. Banyak belajar penghematan jika Anda ingin memiliki kondisi keuangan yang stabil, terutama dalam menjalankan usaha Anda.

3. Harus Mampu Mendapatkan Harga Bersaing

Lakukan perbelanjaan kebutuhan usaha Anda dengan mendapatkan harga yang lebih murah. Ini akan mendukung usaha Anda untuk lebih mudah dalam mengelola keuangan. Selain itu juga demi memaksimalkan keuntungan yang didapatkan usaha Anda.

Caranya lakukan riset pasar dengan benar. Jika Anda ingin membeli bahan baku atau pembelian apapun dapatkan harga yang lebih murah. Jalin kerjasama dengan baik kepada partner bisnis yang memberikan Anda harga lebih murah tersebut. 

Semakin murah harga yang Anda dapatkan maka semakin hemat pengeluaran keuangan. Selain itu keuntungan yang akan Anda dapatkan juga semakin besar. Jadi yang namanya mendapatkan harga bersaing menjadi sangat penting.

4. Hindari Berhutang Dalam Menjalankan Usaha

Menjalankan sebuah usaha memang sangat baik apabila tidak berhutang. Namun tidak sedikit yang memaksakan berhutang untuk bisa mempunyai sebuah bisnis. Ini adalah hal yang Anda harus hindari. Karena yang namanya berhutang akan membebani keuangan usaha Anda.

Usahakan untuk menabung jauh-jauh hari, sehingga Anda memiliki modal yang cukup untuk menjalankan usaha. Semakin kuat modal tabungan Anda sendiri akan semakin bagus. Karena yang namanya usaha akan membutuhkan waktu untuk berkembang dan menjadi besar.

Jadi sebisa mungkin hindari berhutang. Lakukan pengelolaan keuangan yang baik dan harus bisa mengalokasikan dana sesuai dengan jumlah keuangan yang ada. Jika usaha Anda tanpa hutang akan lebih mudah berkembang tanpa terbebani dari pihak manapun.

5. Lakukan Audit Atau Evaluasi Keuangan Secara Berkala

Lakukan audit keuangan Anda secara berkala. Terutama lakukan evaluasi jangka pendek. Hal ini untuk melacak apakah dalam waktu dekat ada catatan keuangan yang salah. Atau untuk mengetahui bagaimana pengeluaran dan pemasukan keuangan Anda.

Jika Anda sering melakukan pengecekan keuangan. Maka bisa segera melakukan pembenahan jika terjadi kesalahan. Jadi jadwal audit keuangan menjadi sangat penting. Apalagi jika Anda memiliki banyak karyawan yang mengurusi atau bersentuhan keuangan. Audit sangat diperlukan untuk mencegah penyalahgunaan keuangan dalam usaha Anda.

Beberapa point diatas merupakan hal-hal penting dalam cara mengelola keuangan usaha yang baik. Lakukan saja beberapa hal diatas secara konsisten dalam usaha yang Anda jalankan. InsyaAllah kondisi keuangan usaha Anda akan stabil ke depannya. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih sudah berkunjung ke blog mazkin.org.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengelola Keuangan Usaha Agar Tidak Mudah Bangkrut"