Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Alasan Anda Harus Menghindari Pinjaman Online Ilegal

Kenapa Harus Menghindari Pinjaman Online Ilegal - Layanan pinjaman online banyak tersedia sekarang ini di internet. Mungkin ada lebih dari 200 pinjaman online yang sudah dibuka dan melayani masyarakat kita. Ada dampak positif namun ada pula dampak yang negatif. Jadi memang harus pintar dan bijak dalam menyikapinya sehingga bisa memberikan manfaat untuk kita. Materi ini khusus kita buat agar teman-teman bisa mempunyai pertimbangan lebih sebelum melakukan pinjaman secara online.

Ketika sobat ingin melakukan pinjaman online, maka salah satu langkah yang harus dilakukan adalah menemukan aplikasi pinjaman online itu sendiri. Atau memilih aplikasi pinjaman online yang bagus. Dan secara garis besr ada 2 jenis aplikasi pinjamanan online dari segi perizinannya. Yang harus Anda utamakan tentu saja yang berizin. Dan yang harus di hindari adalah jenis aplikasi pinjol yang tidak memiliki izin atau ilagel. Alasannnya apa saja akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Alasan Kenapa Harus Menghindari Pinjaman Online Ilegal

Hindari Pinjaman Online Ilegal

Beberapa alasan penting kenapa harus menghindari pinjaman online ilegal akan kami jelaskan pada kesempatan kali ini, antara lain sebagai berikut :

1. Pinjol Ilegal Tidak Taat Aturan Pemerintah

Yang pertama sudah jelas kalau pinjaman online ilegal tidak mentaati hukum yang di tegakkan oleh pemerintah. Dalam hal ini adalah lembaga pengawas keuangan atau OJK. Nah ketika sebuah layanan fintech ini didirikan maka harus mendaftar dan mendapatkan izin terlebih dahulu. Baru boleh beroperasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.

Selanjutnya untuk pinjaman online ilegal, dia tidak akan menjalankan pelayanan seperti yang ditentukan oleh OJK. Jadi Anda akan mendapatkan pelayanan seenak mereka dan tidak sesuai dengan peraturan yang dibuat pemerintah pastinya.

2. Pemberian Suku Bunga Tinggi

Meskipun semua pinjaman online memberikan bunga tinggi. Namun pinjaman online ilegal biasanya akan memberikan bunga yang lebih tinggi lagi. Hal ini akan memberatkan Anda nanti pada saat harus mengembalikan dana.

Jadi meminjam kala darurat memang kadang membuat kita mengambil apa saja peluang yang ada. Termasuk dengan bunga tinggi yang melebih rentenir. Namun Anda juga harus mempertimbangkan dampak negatifnya di kemudian hari nanti. 

Apabila benar-benar terpaksa meminjam secara online. Usahakan untuk meminjam dengan nominal kecil. Dan syukur-syukur Anda memilih pinjaman yang memberikan bunga yang lebih rendah. Dari situ tidak akan membebani Anda di kemudian hari nanti. 

3. Memberikan Potongan Pencairan Sangat Tinggi

Hampir semua pinjaman online akan memberikan potongan pencairan pinjaman. Mereka biasa menyebutnya dengan biaya administrasi, biaya pencairan atau biaya apapun itu. 

Yang jelas potongan pinjaman seperti ini akan merugikan jika jumlahnya besar. Pengalaman saya dalam mereview beberapa aplikasi pinjaman online. Pinjol ilegal ternyata bisa memberikan potongan besar bahkan sampai 30% lebih.

Saya tidak akan menyabut nama pinjamannya apa. Namun ketika meminjam dengan nominal Rp1.500.000,- ternyata mendapatkan potongan Rp700.000,- dan harus mengembalikan Rp1.600.000,-. Bukankah hal ini sangat memberatkan bagi peminjman.

Contoh hitungan tersebut diatas kebetulan saya temukan di aplikasi pinjaman online yang gak berizin OJK. Jadi Anda harus menghindari aplikasi pinjaman semacam itu.

4. Memberikan Tenor Pinjaman Sangat Pendek

Selanjutnya adalah masalah tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman. Pinjaman online non OJK atau ilegal apakah ada yang memberikan tenor 1 bulan ketas? Rata-rata mereka memberikan tenor pinjaman yang sangat pendek, bahkan 1 minggu dan ada yang 5 hari.

Secara logika ketika Anda meminjam dengan bunga dan potongan besar. Serta jangka waktu pengembalian yang sangat pendek. Itu akan sangat memberatkan bagi Anda. Dan ini adalah strategi yang diterapkan oleh pinjol ilegal agar mereka bisa segera menekan peminjam untuk mengembalikan dana.

5. Keamanan Data Terancam Disebarkan

Alasan selanjutnya kenapa Anda harus menghindari pinjaman online ilegal adalah soal keamanan data. Keamanan data Anda bisa saja lebih terancam ketika Anda meminjam di pinjaman online ilegal.

Anda pasti pernah dengar yang namanya peminjam telat membayar dan datanya disebarkan di semua kontak nomer handphone si peminjam. Hal seperti ini adalah pelanggaran privasi yang berat. 

Pinjaman online yang benar akan menghubungi nomer kontak darurat yang di cantumkan dalam pengajuan. Bukan menyebar data ke semua nomer kontak si peminjam. Bukankah Anda juga akan malu jika mengalaminya. Jadi lebih baik Anda hindari pinjol ilegal karena kemungkinan besar akan melakukan hal seperti ini.

Selain itu cara penagihan juga cenderung mengancam dan melakukan teror kepada si peminjam. Dan ini akan sangat membuat Anda tidak nyaman.

Begitulah sobat 5 alasan kenapa Anda harus menghindari pinjaman online ilegal. Demi keamanan data dan kenyamanan Anda dalam melakukan pinjaman. Demikian yang dapat kami sampaikan dan terima kasih sudah berkunjung di blog mazkin.org.

Posting Komentar untuk "5 Alasan Anda Harus Menghindari Pinjaman Online Ilegal"