Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengganti / Custom Domain Blogspot Menjadi Domain TLD (.com .net dan yang lainnya) BAB 5

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengganti / Custom Domain Blogspot Menjadi Domain TLD (.com .net dan yang lainnya), mungkin diantara sobat ada yang ingin melakukannya. Ketika pertama kali seorang blogger pemula membuat sebuah blog. Biasanya akan memilih platform blogspot, karena memang gratis dan juga mudah untuk digunakan. PR di awal adalah mengganti nama domain .blogspot.com menjadi domain TLD .com atau yang lainnya. 

Kenapa Harus Mengganti Nama Subdomain Blogspot?

Sebelum kita masuk pada cara merubah nama domain. Apa manfaat dari mengganti nama domain itu sendiri. Ada beberapa alasan kenapa Anda perlu mengganti nama domain .blogspot.com tersebut, antara lain sebagai berikut : 

  • Agar blog terlihat lebih profesional
  • Lebih mudah untuk promosi brand bisnis
  • Lebih mudah untuk orang mengingatnya
  • Terkesan premium dan tidak gratisan

Nah, keempat alasan diatas adalah alasan kenapa Anda perlu mengganti subdomain .blogspot.com dengan domain TLD milik Anda sendiri. 

Cara Mengganti / Custom Domain Blogspot Menjadi Domain TLD (.com .net dan yang lainnya)

Langsung saja sobat kita akan masuk kepada cara mengganti domain blogspot.com dengan domain TLD milik sendiri. Langkah-langkahnya antara lain sebagai berikut : 

  1. Beli domain di situs penjual domain dan hosting
  2. Lakukan setting melalui pengaturan
  3. Lalu ubah domain blogspot dengan domain baru milik Anda

Sebagai contoh akan saya jelaskan salah satu tempat membeli domain yang menjadi langganan dari admin. Yakni di naiagahoster, pertama-tama silahkah masuk ke website niagahoster.co.id terlebih dahulu. Kemudian sobat login dan memilih nama domain yang tersedia. Untuk tips memilih nama domain kemarin sudah saya buatkan tutorialnya di cara menentukan nama domain sebuah blog.

Setelah sobat sudah mendapatkan nama domain dari niagahoster, disinilah sobat tingal melakukan pengaitan domain tersebut dan pada blog milik Anda. Langkah-langkahnya antara lain sebagai berikut : 

1. Memasukkan Cname Baru

Tahap pertama adalah menambahkan Cname baru pada DNS management panel pengelolaan domain Anda. Ikutilah langkah-langkah berikut.

  • Masuklah ke member area akun Niagahoster Anda, perhatikan gambar di bawah ini :

  • Klik tab Domain dan nama domain yang akan digunakan.
  • Pilih tab DNS Management, lalu klik tombol Add New Record.
  • Pada kolom Record Type, pilihlah CNAME. Kemudian, isilah kolom “Subdomain” dengan “www” serta kolom IPv4 Address dengan “ghs.google.com", perhatikan gambar di bawah ini  :

  • Klik tombol Save Record

2. Mengarahkan IP Domain ke IP Server Google

Masih pada halaman DNS Management, Anda harus klik tombol Add New Record lagi. Namun kali ini jenis record yang dipilih adalah A Record

Setelahnya, masukkanlah IP address berikut secara satu per satu pada kolom IPv4 Address:

216.239.32.21

216.239.34.21

216.239.36.21

216.239.38.21

3. Menghubungkan Domain ke Blogspot

Untuk tahap terakhir, lakukanlah langkah-langkah di bawah ini:

  • Log in ke akun Google yang digunakan untuk Blog Anda.
  • Klik menu Settings pada sisi kiri halaman.
  • Pada bagian Publishing, klik tombol “Custom domain”.
  • Masukkan custom domain Anda pada kolom yang tersedia, lalu klik tombol Save. Perlu diingat bahwa Blogspot tidak dapat menggunakan naked domain. Oleh karena itu, apapun domain Anda, tambahkan www di depannya dan diikuti dengan titik sebelum nama domain.

  • Akan muncul pernyataan bahwa Anda belum berhasil menghubungkan domain dengan Blogspot. Jangan kawatir. Tujuan dari langkah ini adalah menampilkan Cname yang ditunjukkan di bawah pesan tersebut.  Cname Blogspot terdiri dari dua, dinamakan “Name” dan “Destination”. Salin kedua kode Cname tersebut dan biarkan halaman ini terbuka.
  • Kembalilah ke halaman DNS Management di panel domain. Klik tombol Add new record dan pilih CNAME sebagai tipe record. Sesuai dengan ilustrasi di atas, masukkan kode di sebelah kiri ke kolom Subdomain. Selanjutnya masukkan kode satunya ke kolom Hostname. Klik Save changes.
  • Buka kembali halaman setting Blogspot dan klik tombol Save.
  • Jika masih gagal, coba klik Save lagi hingga berhasil. Penyebab kegagalan ini adalah propagasi, yaitu proses penghubungan domain Anda dengan server Blogspot. Proses ini bisa memakan waktu hingga beberapa jam.

 Agar Lebih Jelas, sobat bisa simak pada video di bawah ini : 


Oke sobat, diatas adalah tutorial bagaimana cara mengganti atau melakukan custom dari domain blogspot ke domain TLD milik sendiri. Sobat bisa beli domainnya dimana saja, dan sebagai contoh saja karena admin beli di niagahoster jadi panduan diatas adalah dengan menggunakan domain dari niagahoster. Demikian yang dapat admin sampaikan dan terima kasih sudah berkunjung di mazkin.org.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti / Custom Domain Blogspot Menjadi Domain TLD (.com .net dan yang lainnya) BAB 5"